• Selamat Datang Di Toko Online Kami Harga Tertera Satuan dan kodian 20pcs ya
Beranda » Blog » Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Diposting pada 24 Maret 2021 oleh admin / Dilihat: 378 kali / Kategori:

foto cewe susah tidur

Memiliki jadwal padat dapat mengganggu waktu tidur Anda. Bahkan, saat tiba waktu untuk tidur, tak jarang Anda mengalami susah tidur. Bagaimana cara mengatasinya?

 

Tidur yang cukup bisa dianggap barang mahal, terlebih bagi Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat setiap harinya. Belum lagi bagi Anda yang dituntut untuk lembur, tidur yang berkualitas kadang sangat sulit untuk diperoleh.

Ketika sudah tiba waktunya untuk tidur, tidak jarang kita merasa sulit untuk memulai tidur. Nah, bagaimana cara mengatasi susah tidur? Untuk menanganinya, Anda harus memperhatikan faktor penyebab Anda sulit tidur. Yuk, kita kenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya berikut!

 

penyebab susah tidur

Sulit tidur sering disebut sebagai insomnia. Namun ternyata, insomnia sendiri memiliki arti lebih dari itu. Insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat, dan sulit untuk kembali tidur.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia, di antaranya:

  • Stres

Kondisi stres yang Anda alami dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Saat stres, pikiran Anda akan tetap aktif pada malam hari, sehingga membuat Anda sulit tidur.

  • Jadwal yang Padat

Ritme sirkadian yang merupakan jam internal di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Anda. Jika kondisi ini terganggu, salah satunya karena jadwal yang terlalu padat, waktu tidur Anda dapat terganggu.

  • Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk adalah waktu tidur yang tidak teratur. Banyak aktivitas sebelum tidur, bekerja, makan, dan menonton di tempat tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur. Solusi susah tidur adalah menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

  • Makan Terlalu Banyak Menjelang Tidur

Tidak salah jika Anda ingin konsumsi camilan ringan sebelum tidur. Namun, tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda berbaring, terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya, beri jarak makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.

Tips Atasi Susah Tidur

alasan susah tidur

Ketika Anda melakukan evaluasi terhadap beberapa faktor yang mungkin dapat menyebabkan Anda susah tidur, terdapat beberapa cara menghilangkan susah tidur. Berikut di antaranya:

  1. Buat Jadwal Tidur yang Teratur

Tidur yang tidak teratur bisa mengakibatkan Anda susah tidur. Oleh karena itu, mengatasi sulit tidur dapat dilakukan dengan tidur teratur. Tidur dan bangun pada jam yang sama setiap harinya akan memprogram tubuh untuk tidur lebih baik.

  1. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Baik

Sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur, lingkungan tidur yang baik sangat diperlukan. Berikut beberapa hal yang harus menjadi perhatian Anda:

  • Jaga kamar tidur setenang dan segelap mungkin.
  • Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas.
  • Selain temperatur dan pencahayaan, suara juga sebaiknya terkontrol, sehingga lingkungan tempat tidur membantu untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.
  1. Pastikan Tempat Tidur Nyaman

Selain memperhatikan lingkungan, cara agar bisa tidur cepat adalah dengan memastikan bahwa tempat tidur Anda sudah nyaman. Susah tidur bisa disebabkan oleh tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, serta ukuran tempat tidur yang terlalu kecil.

  1. Berolahraga Teratur

Olahraga sudah dikenal memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk menjaga kualitas tidur Anda tetap baik. Oleh karena itu, berolahraga dapat menjadi cara menghilangkan susah tidur yang bisa Anda coba.

Lakukan olahraga secara teratur, meski hanya sekadar berenang atau berjalan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan olahraga yang terlalu berat, apabila jika sudah dekat dengan jam tidur Anda.

  1. Kurangi Konsumsi Kafein

Solusi susah tidur berikutnya adalah mengurangi konsumsi stimulan, seperti kafein pada teh dan kopi, terutama di malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam sehingga dapat mengganggu proses tidur, serta mencegah tidur malam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

  1. Hindari Konsumsi Alkohol Berlebih pada Malam Hari

Alkohol dapat mengganggu waktu tidur malam. Oleh karena itu, untuk mengatasi susah tidur, Anda perlu menghindari makanan atau minuman yang mengandung alkohol, terutama saat malam hari.

  1. Jangan Merokok

Agar memperoleh tidur yang berkualitas, cara mengatasi susah tidur dapat dilakukan dengan menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, perokok lebih sulit tidur, sering terbangun, dan sering mengalami gangguan tidur.

  1. Coba Rileks Sebelum Tidur

Bagi Anda yang mengalami susah tidur, salah satu cara cepat tidur yang bisa dilakukan adalah merilekskan tubuh sebelum tidur. Untuk mendapatkan kondisi rileks, lakukan beberapa hal, seperti mandi dengan air hangat, mendengarkan musik pelan, dan melakukan yoga.

  1. Buat Daftar Kegiatan untuk Dilakukan Keesokan Hari

Ternyata, hal sederhana seperti membuat daftar kegiatan untuk dilakukan dapat menjadi solusi mengatasi sulit tidur. Apalagi jika Anda tidak memiliki aktivitas untuk dilakukan esok harinya.

Sebelum tidur, luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada esok harinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah Anda tetap di tempat tidur, sehingga waktu tidur malam terganggu.

  1. Jangan Bertahan di Tempat Tidur

Jika mengalami kesulitan tidur malam, jangan terus-terusan bertahan di tempat tidur. Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai sampai rasa kantuk bisa kembali.

Kebiasaan tidur yang baik dapat mencegah dari kekurangan energi pada siang hari, sehingga membuat kerja lebih semangat dan efektif. Oleh karena itu, terapkan cara mengatasi susah tidur di atas untuk memperoleh tidur yang cukup dan berkualitas.

Baca Juga

Artikel Lainnya Disini

 

Tags: , , ,

Bagikan ke

Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama memberikan komentar.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Terpopuler

Baret Pramuka Standar Pramuka

Baret Pramuka Bahan Laken Silahkan Di order bahan tebal dan nyaman di pakai Nomor mulai 54 s/d 60 tulis di catatan setelah cek out nomor yg di pesen… Silahkan Diorder Terima Kasih #baretlakenpramuka #baretpramukapenegak #baretlakentebal

*Harga Mulai
Rp 20.000
Tersedia / Baretpramuka

Kacu Sma Satin

62 / 100 Didukung oleh Rank Math SEO Kacu sma satin Silahkan di order kak makasih Order partai besar misal 10kodi sampai 20kodi keatas Pre-order 2-4 hari Terima kasih

*Harga Mulai
Rp 165.000
Tersedia / Kacusmasatin

Ring Kacu Bordir Pramuka

62 / 100 Didukung oleh Rank Math SEO Ring kacu bordir Pramuka Siaga penggalang dan penegak Silahkan di order Makasih

*Harga Mulai
Rp 2.500
Tersedia / ringkacubordir

Topi Pramuka Boni Rajut Model Polwan

Topi Pramuka Putri Boni Laken Model Polwan SMP SMA topi pramuka boni putri bahan laken spandex tebal model topi polwan warna: coklat tua ukuran: SMP SMA Besar lapisan dalam spon tebal lentur tali dagu hitam (tali bisa buka pasang) #bonipramuka #topipramuka #topiputri #penegak #penggalang #boniputri

*Harga Mulai
Rp 13.000
Tersedia / bonirajutmodelpolwan

Syal Polos Pmr Pmi merah putih hijau hitam ukuran Sma

59 / 100 Didukung oleh Rank Math SEO Syal Polos Untuk PMR Pmi dan kegiatan lainnya ukuran 55x110cm silahkan di order makasih #syalpolos #syalpolosmerah #syalpolosputih #syalpoloshijau #syalpoloshitam

*Harga Mulai
Rp 4.000
Tersedia / Syalpolosukuransma
Terpopuler

Bendera Merah Putih 60×90 Bahan Arwana

Bendera tinggi 60cm panjang 90cm bahan Arwana bukan bahan satin/veles ataupun Jago Yg Lebih Murah Dapatkan Bendera 60×90 Bahan Arwana dengan harga terjangkau #benderarumah #benderamerahputih #bendera17an

*Harga Mulai
Rp 8.600
Tersedia / benderamerahputih60x90arwana

Susah Tidur? Ini Cara Ampuh Mengatasinya

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah:

Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Whatsapp Hanya Via Browser
● online
Whatsapp Hanya Via Browser
● online
Halo, perkenalkan saya Whatsapp Hanya Via Browser
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja